Di kota-kota besar
semakin menjamur para pebisnis-pebisnis Event Organizer. Bagi yang belum tahu,
Event Organizer adalah penyedia jasa profesional penyelenggara acara dan
populer disebut dengan singkatan EO. Tujuan dari sebuah Event Organizer tentu
saja adalah untuk membantu kliennya agar bisa menyelenggarakan acara yang
diinginkan tanpa harus menjalankan sendiri.
Hal ini tentu
karena pihak penyelenggara memiliki keterbatasan sumber daya serta waktu
sehingga mereka harus menggunakan jasa EO. Tetapi saat ini kebanyakan klien
beralasan bahwa dengan menggunakan jasa EO profesional hasilnya lebih bagus
dibandingkan bila dikerjakan sendiri. Mungkin Anda tertarik dengan dunia Event
Organizer?
Bisnis ini sepenuhnya menguntungkan bila dikerjakan dengan serius
dan memiliki inovasi yang membuat orang tertarik.
Jenis Event Organizer
Sebelum Anda
membuka jasa penyelenggara acara sebaiknya Anda harus mengetahui berbagai jenis
Event Organizer. Jasa EO umumnya dikategorikan menjadi beberapa jenis,
diantaranya adalah:
1. EO One Stop
Service Agency: ini adalaha jasa EO skala besar yang layak menyelenggarakan
acara kelas internasional.
2. EO musik dan
entertainment: EO jenis ini lebih banyak bergerak dibidang hiburan, terutama
adalah musik seperti konser dan kegiatan entertainment lainnya.
3. EO Wedding: EO ini
cukup banyak dan tersebar dibanyak tempat, tugasnya adalah membantu acara pesta
pernikahan lebih menarik dan lebih sistematis. Sekain acara pernikahan, EO
semacam ini juga bisa membantu menyelenggarakan pesat ulang tahun.
4. EO Brand
Activation: EO ini biasanya memiliki jasa yang lebih spesifik, yakni membantu
client guna mempromosikan sebuah produk dalam rangka peningkatan penjualan atau
bisa juga untuk kegiatan promosi pengenalan merek. EO ini umumnya lebih sering
berinteraksi langsung ke target marketnya.
5. EO MICE: EO ini
umumnya hanya khusus bergerak pada bidang penyelenggaraan acara berbentuk
pertemuan, acara formal dan kegiatan yang berhubungan dengan pariwisata.
Bagi Anda yang
masih pemula, mungkin membuka jasa EO Wedding atau EO Musik dan Entertainment
cukup pas. EO ini lebih umum dan tidak membutuhkan banyak sekali crew, yang
terpenting adalah ide, inovasi dan memiliki fasilitas-fasilitan pendukung.
Pada
intinya, reputasi bagus sebuah jasa Event Organizer dilihat dari kesuksesan
event atau acara yang dibuat. Jika EO Anda banyak meraih kesuksesan dalam
menyelenggarakan sebuah acara maka akan semakin dipercaya oleh klien guna
menangani berbagai acara lainnya.
Berikut ini adalah
beberapa tips jitu dalam menjalankan bisnis Event Organizer:
1. Miliki Pengalaman
Pengalaman
sepertinya menjadi hal penting untuk menjalankan bisnis Event Organizer. Jadi
pada umumnya orang-orang pemilik jasa EO kebanyakan dahulu pernah bekerja pada
perusahaan EO. Berbekal pengalaman tersebutlah dipastikan Anda akan dapat
mengetahui tata cara, prosedur mengelola suatu kegiatan, mulai dari masalah
penyusunan proposal hingga eksekusi di lapangan. Kami harus mengatakan bahwa
sulit menjalankan bisnis ini tanpa pengalaman.
2. Miliki Ide Kreatif dan Inovasi
Tentu klien tidak
menginginkan acaranya berjalan biasa-biasa saja. Untuk itulah mereka menyewa
jasa EO. Sebuah kewajiban sebuah EO adalah memiliki ide-ide kreatif dan
memiliki inovasi yang benar-benar menghadirkan daya tarik. Sebagai contoh salah
satu ide kreatif EO Wedding adalah mengadakan kegiatan-kegiatan menarik seperti
pemotongan roti besar, melempar bunga, kiss wedding dan ide-idel lain. Jika
Anda memililki ide yang lebih banyak, tentu bisa dia aplikasikan pada acara.
3. Miliki Banyak Relasi
Sebuah perusahaan
EO biasanya memiliki banyak relasi seperti perusahaan, sekolah, maupun
intstansi lain. Dengan semakin banyaknya relasi memungkinkan semakin banyak
yang menggunakan jasa EO Anda. Jangan canggung untuk bergaul dengan orang-orang
kaya, karena pada umumnya pengguna jasa EO adalah kalangan menengah keatas.
4. Miliki Mitra Kerja
Event Organizer
bisa dikatakan adalah tim yang mengerjakan segalanya dalam acara. Perlu banyak
crew dan perlu banyak memiliki mitra kerja. Anda harus bekerja sama dengan ahli
dan pemilik sound system, tata lampu, penggung atau scafholding serta
konstruksi rigging, perlengkapan meja, kursi, partisi, karpet, fotografer,
videografer, alat musik, desainer grafis, penampil acara, MC dan lain
sebagainya. Pastikan mitra kerja Anda memiliki kualitas SDM dan peralatan bagus
karena akan berpengaruh pada reputasi jasa EO Anda.
5. Miliki Tim Solid
Memiliki crew
banyak tidak menjamin acara berhasil dan sukses. Tetapi memiliki crew banyak,
tapi solid dan professional sudah tentu akan sukses. Setiap crew harus mendapat
job description masing-masing, kemudian juga harus melaporkan progresnya
masing-masing. Ingat bahwa sukses atau tidaknya sebuah acara atau event sangat
bergantung sekali dengan kesiapan, koordinasi maupun kerjasama antar teamwork.
6. Pemasaran Online
Strategi marketing
yang harus Anda jalankan adalah melalui internet, memanfaatkan website resmi
agar lebih bonafit. Selain itu juga bisa melalui media sosial.
No comments:
Post a Comment